Sunday, April 4, 2010

Aku dan Dunia Menulis

Aku dan dunia menulis. Dunia menulis dan aku.
Pada awalnya, jujur, aku sama sekali tidak suka menulis.
Waktu masih sekolah, tiap kali disuruh mengarang pasti aku akan mengeluh. Aku sama sekali payah dalam menulis.

Titik balik terjadi ketika aku punya internet pribadi di rumah, yakni sejak aku kuliah di Jakarta. Dengan alasan kuliah, aku pun memasang internet.
Dari situ, aku mulai sering menjelajah dunia maya. Membuka web, forum, donlot, dll.
Salah satu forum yang kubuka adalah forum 'lautan hijau' yang tidak akan kusebutkan namanya. *ga dibayar loyalti sih :P*
Nah, disana entah bagaimana aku masuk ke bagian FanFic. Singkatan dari FanFiction. Karya-karya fiksi yang melibatkan tokoh atau latar belakang cerita yang sudah ada, baik dari film, buku atau artis.
Disanalah aku mulai mengenal dunia menulis. Dari awalnya hanya membaca, sampai akhirnya aku memiliki hasrat yang kuat untuk membuat karyaku sendiri.
Sekitar bulan oktober 2008, karya pertama dan keduaku mulai ditulis. Hasilnya bisa dilihat di bog fic-ku di storiesoffantasy.blogspot.com, judulnya adalah Close to You dan If.

Seperti yang kuduga, dua karya perdanaku itu cukup disukai orang-orang.
Dari situ, aku mulai bisa lebih gampang menulis. Seringkali saat sedang stres akan ujian atau tugas, aku malah punya ide menulis dan dengan penuh semangat kutulis sampai selesai.
Aku mengambil ide-ide karyaku itu dari imajinasi. Imajinasi yang terbentuk dari pengetahuan akan cerita-cerita romance yang sering kubaca dari komik.

Sampai saat ini, total ada 14 judul yang kubuat. 9 di antaranya sudah tamat, sedangkan sisanya menunggak tak tamat2 juga :D
Semua karyaku bergenre romance, ada pula yang diberi sentuhan dark atau fantasi.
Aku telah mencoba membuat karya dengan genre lain, tapi tidak bisa. Fic fantasi tetap saja ada romance-nya. Fic dark pun tetap saja ada romancenya. Hahaha. Tak bisa lepas dari romance, eh?

Sejauh ini, salah satu tulisanku yang benar-benar berkesan adalah "Broken Mind". Fic pendek 2400 kata ini kubuat dalam waktu 3 jam, dari jam 1 pagi sampai jam 4 pagi. Ide ceritanya sendiri hampir semuanya based on true story. Fic ini mengisahkan tentang seorang gadis yang bisa dibilang sedikit psycho. Ia memiliki keinginan aneh untuk dirawat di rumah sakit. Padahal ia sendiri tidak suka sakit. Haha. Benar2 aneh. Cerita selanjutnya baca di blog saja ya :P

Satu hal penting tentang kaitan diriku dan karya-karyaku, aku tidak terlalu pandai membuat karakter seseorang. Jadi bila kau membaca semua tulisanku, bisa jadi kau menyadari kalau karakter tokoh yang kuciptakan hampir semuanya sama.
Karakter perempuan berdasarkan diriku sendiri, sedangkan karakter laki-lakinya berdasarkan imajinasiku. Harapanku atas laki-laki yang akan menjadi pasanganku. Haha.
Tapi pengecualian untuk beberapa tulisan yang kubuat untuk temanku ya :D
*yg tokoh perempuannya berkarakter sama denganku pasti yg namanya 'park aerin'*

Namun sekarang dunia menulis sudah perlahan-lahan kujauhi. Selain aku tidak lagi memiliki waktu untuk menulis, tapi juga karena aku sudah tidak bisa lagi berimajinasi tentang romance. Semua khayalan romance yang ada di setiap fic romance bagiku hanya seperti cerita cinderela. Hanya untuk memuaskan keinginan pembaca. Cinderela yang di akhir cerita menikah dengan pangeran dan hidup bahagia. Apa ada bukti kalau mereka memang hidup bahagia? Hidup bahagia selamanya bagiku hanya "bullsh*t". Tidak akan pernah ada sesorang yang memiliki hidup bahagia selamanya. Begitu pula Cinderela dan pangeran. Mungkin saja mereka bertengkar, bercerai, tidak punya anak, terkena musibah atau apapun yang mengusik 'kebahagiaan' mereka.
Do you agree?

Bayangan angan-angan akan dunia romance yang indah jugalah yang membuatku terjatuh di lubang yang amat dalam. Tidak ada yang tahu dan sadar bahwa aku sudah jatuh sedalam ini. Aku sudah mencoba bermacam-macam cara untuk keluar. Berteriak, mencoba memanjat, apapun. Namun hasilnya nihil. Is there someone who's willing to save me?

Bagiku, tahun ke 20 kehidupanku ini benar2 menjadi titik balik. Semua masalah seperti badai, datang menerpa tanpa peduli nasib korbannya. Huft.

Ah, sepertinya tulisanku mulai tidak fokus lagi. Seperti biasa :P Awalnya nulis apa, endingnya nulis apa. Hahaha.
Jadi kuakhiri dulu tulisanku sampai sini.
Masih banyak hal yang harus kukerjakan. Dari mengetik tulisan evaluasi interview, menganalisa web harvest yang menjadi bencana besar bagiku, sampai ingin rasanya memainkan kembali game-game di komputerku untuk melepas stres. Tapi sepertinya semua itu tidak akan selesai mengingat mataku sudah terlalu diforsir terbuka karena semalam aku tidur jam 2 subuh XD

It's over now. See you later! Jaa, mata ne!

0 comments: