Monday, May 11, 2009

2nd Semester~

*ngecek kalender*
Oke.
Sekarang udah bulan Mei.
Udah bulan keempat gw menjalani semester kedua perkuliahan jurusan TI Binus Univ. *kaya promo LOL*

Well. *daritadi well/oke melulu*
Di semester 2 ini, gw mendapat mandat untuk menjalani mata kuliah sbb:

Character Building I
Di awal kuliah, dosen gw udah menggambarkan spt apa pelajaran Character Building yang bakalan ada sampe CB 4.
CB 1 belajar tentang mengenal diri sendiri, CB 2 belajar hubungan dengan sesama, CB 3 belajar hubungan dengan Tuhan, CB 4 belajar hubungan dengan negara. *CB 3 ama CB 4 kebalik ga?*
Intinya, kalo dibandingin ama pelajaran SMA, CB itu Budi Pekerti + Agama + Kewarganegaraan. DOH! Sami mawon ini mah =="
Gw kirain cuma belajar kayak BP gitu. Tau2nya~ Gubrak bener dah.
CB itu persentase nilainya beda ama matkul lain. 50% TM, 20% UTS, 30% UAS. Gw lupa juga yang mana 20% ato 30%, UTS ato UAS. Gitulah intinya.
Jadi, giat2lah mengumpulkan TM!
Pendapat ttg dosen CB 1 gw: orangnya enak, sabar, ramah, ON-TIME. Cuma pas UTS kemaren ga ngasih kisi2 sedikitpun =3=
Next...

Kalkulus 1
Kenapa kalkulus 1? ya jelas karena di semester 3 ada kalkulus 2 saudara-saudara!
Well, kalkulus 1 itu ngulang pelajaran SMA sebenernya. Ditambah sedikit materi baru.
Pelajarannya ga jauh2 dari yang namanya fungsi, limit, turunan dan integral. Ga gitu susah menurut gw. Plus dosen yang ngajar kelas gw itu terkenal akan kejelasannya dalam menjelaskan *ngerti kan maksudnya?*, jadi makin topcer deh.
Sampe2 di tiap kuliah ada aja anak kelas lain yang nyasar buat belajar dari dia. Salut deh. Dia emang jelasinnya bener2 ngerti. Meski rada rese setiap dy jelasin kita2 ga boleh nyatet. Mesti merhatiin ke depan. Ga boleh ngobrol malah. Oke, strategi itu emg bagus tp tetep aja ngeselin buat gw yg udah biasa nyatet sambil ngeliat penjelasan =P
Dy juga sering ngasih kuis n TM. Jelas, itu dilakukan biar bisa bantu kalo nilai UTS kecil. Tapi tetep aja, kalo nilai kita emang ga bisa diselametin alias ga lulus, nilainya ga bakal berubah. FAIR gitu nilainya.
Gw berharap banget bisa dapet A di matkul ini :)

Pengantar Bisnis & Manajemen aka PengaMenBis *Beggar on the bus LOL*
Intinya, matkul ini termasuk dalam 2 matkul sem 2 yg paling ga jelas.
No more comment. Daripada gw kena labrak orang2 XD
Gw berusaha ekstra keras buat dapetin A buat matkul atu ini.

Statistik Probabilitas
Nah... kalo yang ini... Ujiannya open book.
Overall, gampang asal ngerti. N mesti nyatet semua yang dikasi ama dosen.
1 poin ekstra tentang dosen gw: tangannya sakti! Nulis di papan-nya cepet banget. Plus dy sering nambah2in catetan di tulisan di di papan gitu. Kita2 bener2 mesti nyatet cepet2, merhatiin segala tindakan dy yg bisa tau2 ngubah isi catetannya. N cuma di matkul inilah gw selalu pake kacamata.

Struktur Data
Penilaian gw tentang matkul ini: lebih simpel daripada algoritma.
Dimana algo itu belajar dasar2 pemrograman bahasa C, StrukDat malah cuma bergelut dalam tipe2 data komposit. Struct, linked list, tree. 3 biji itu yg diubek2 selama belajar 1 semester.
Dosen gw orangnya gaul, baek, jelas. Enaklah pokoknya. Untung banget dapet dosen kyk gini daripada dosen algo gw dulu yg bener2 amit2 jabang bayi. Iih.

Last... Konsep Bahasa Pemrograman
Ini merupakan matkul 2 sks yang paling ga penting sejagad raya!
3 poin yang membuat penilaian gw kayak gitu: dosen yang suaranya ga jelas, slide bahasa inggris, buku bahasa inggris pula. DOH!
Plus kelas yang gw tempati itu volume mic-nya kecil banget..
Mendukung ketidakjelasan suara sang dosen yang selalu ngomong kayak kumur2. MANSTAB!
Meskipun gw lulus matkul ini dengan nilai A *hopefully*, tetep aja, ga ada ilmu sedikitpun yang nyangkut di otak gw selain fakta bahwa dosen gw itu master bahasa pemrograman. Wekeke~

Itulah cerita gw tentang matkul semester 2.
Minggu lalu UTS baru aja lewat, n gw melewatinya dengan cukup lancar.
Semoga nilainya memuaskan. Amen.

0 comments: