Sunday, May 2, 2010

Cara mengatasi mata pedih

Ini hari keduaku menikmati liburan. Liburan di tengah-tengah ujian. Ujian terakhir baru diadakan 3 hari lagi. Hiks. Kalo libur sih enak, tapi liburan bagiku sama dengan merusak badan. Tidur subuh, bangun siang. Seharian di depan komputer tanpa ada hasil yang bermakna. Mau belajar, malas. Maklum, aku lebih suka belajar di bawah tekanan *baca: SKS*

Oke, langsung aja ke inti masalah. Kali ini aku akan membahas tentang cara mengatasi mata pedih. Bukan mata pedih karena mengiris bawang ya :D tapi mata pedih karena terlalu lama di depan layar komputer. Kenapa aku membahas hal ini? Pasti, karena mataku juga pedih sekarang. Capek. Seharian di depan komputer terus. Tapi kalo bukan layar komputer, pasti aku akan berhadapan dengan layar hp yang sama-sama menyilaukan mata XD

=======================================

Ada beberapa penyebab kenapa mata kita dapat merasa pedih maupun lelah setelah selesai berkerja atau bermain di komputer. Berikut adalah bagaimana anda dapat mengurangi masalah tersebut.

  1. Gunakan pencahayaan yang baik

    Tegangan mata sering disebabkan oleh cahaya terang yang berlebihan baik dari luar ruang seperti cahaya matahari yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan interior. Pencahayaan yang optimal untuk menggunakan komputer adalah sekitar setengah dari yang ditemukan di sebagian besar kantor.

    Hilangkan cahaya dari luar dengan menutup tirai. Mengurangi pencahayaan interior dengan menggunakan bola lampu yang lebih kecil atau lampu neon, atau menggunakan bola lamp dengan intensitas cahaya yang rendah. Jika memungkinkan, aturkan posisi monitor Anda sehingga jendela ada di sampingnya dan bukan di depan atau belakang.

  2. Minimalkan silau

    Silau pada permukaan dinding dan permukaan yang halus, serta pantulan pada layar komputer juga dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Anda mungkin ingin memasang kaca anti-silau di layar monitor anda dan jika memungkinkan cat dinding yang putih dengan warna yang lebih gelap dan tidak glossy.

    Jika Anda mengenakan kacamata maka beli lensa yang memiliki lapisan anti-reflektif (AR). AR coating mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata Anda.

  3. Upgrade monitor Anda

    Jika Anda belum melakukannya, gantilah monitor tabung (yang disebut Cathode Ray Tube atau CRT) dengan monitor datar Liquid Crystal Display (LCD), seperti yang ada pada komputer laptop.

    Layar LCD lebih nyaman di mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif. Layar kuno CRT dapat menyebabkan yang kedipan gambar pada layar dan ini adalah sumber utama mata komputer tegang. Bahkan jika kedipan ini adalah tidak terlihat, kedipan ini masih berkontribusi kepada tegangan mata dan kelelahan selama berkerja di komputer.

    Komplikasi akibat kedpian layar akan lebih memungkinkan jika refresh rate monitor CRT Anda kurang dari 75 hertz (Hz). Jika Anda harus menggunakan CRT di tempat kerja, sesuaikan pengaturan tampilan ke refresh rate setinggi mungkin.

    Bila memilih monitor LCD baru maka pilihlah layar dengan resolusi setinggi mungkin. Resolusi terkait dengan "dot pitch" dari layar. Pada umumnya, layar yang memiliki dot poitch lebih kecil akan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Pilih layar dengan dot pitch dari .28 mm atau lebih kecil.

    Akhirnya, memilih layar yang relatif besar. Untuk komputer desktop, pilih tampilan yang memiliki diagonal ukuran layar minimal 19 inci.

  4. Lebih sering berkedip

    Berkedip mata sangatlah penting ketika bekerja di sebuah komputer. Dengan berkedip mata Anda akan terhindar dari kekeringan dan iritasi.

    Menurut penilitian, ketika kita berkerja di depan komputer kita akan lebih jarang berkedip bahkan sampai lima kali lebih sedikit.

    Air mata mata yang melapisi mata akan menguap lebih cepat ketika kita tidak berkedip secara teratur dan menyebabkan mata kering. Selain itu udara di lingkungan kantor itu biasanya kering dan dapat meningkatkan penguapan air mata Anda yang akan meningkatkan risiko masalah kekeringan mata terhadap Anda.

    Usahakan untuk berkedip perlahan-lahan selama 10 kali setiap 20 menit untuk membantu pembasahan pada mata Anda.

Source: http://mautanya.com

=======================================

Semoga info ini berguna bagi kita semua ^^

0 comments: